Senin, 23 Maret 2015

Tentang Vegetarian

Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging, daging unggas, ataupun daging ikan, namun masih mungkin mengkonsumsi olahan hewan seperti telur, keju atau susu.

Definisi asli dari vegetarian adalah dengan atau tanpa telur dan hasil ternak perah, dan definisi ini masih digunakan oleh vegetarian society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan nabatiwan di india tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah mediterania klasik, sebagai contoh pythagoras.

Jenis-jenisnya

Semi-vegetarian

Semi-vegetarian disamping makan makanan dengan buah nabati. Kelompok ini juga mau makan ikan, daging, susu dan telur. Jenis  nabatiwan ini adalah kelompok yang paling rendah.

Lacto-ovo-vegetarian

Lacto-ovo-vegetarian, selain makan yang terbuat dari bahan nabati juga dimakan, susu dan telur juga dimakan.

Lacto-vegetarian

Lacto-vegetarian, meski selain bahan nabati yang dimakan tetapi hanya susu yang dimakan dan yang makanan yang terbuat dari telur tidak dimakan.

Ovo-vegetarian

Ovo-vegetarian, kelompok nabatiwan ini merupakan kebalikan dari lacto-vegetarian.

Pesco-vegetarian

Pesco-vegetarian tidak makan daging, tapi mau makan ikan, susu dan telur.

Vegan

Vegan merupakan kelompok nabatiwan yang paling ketat. Mereka hanya mau bahan makanan dari nabati saja dan sama sekali tidak memakan hewan laut atau produk olahan hewani. Bahkan madu dari lebah pun dihindari. Saking ketatnya, para vegan juga menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan, seperti pakaian dan sepatu dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti jenis beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan.

Alasan orang-orang bervegetarian adalah karena kesehatan. Dengan hanya mengkonsumsi sayur-sayuran, resiko kita terkena penyakit berbahaya sangatlah kecil. Ada juga yang bervegetarian karena ingin tampil cantik, ingin memiliki kulit yang halus dan bersih. Tidak hanya itu saja, bervegetarian juga dapat mengurangi pemanasan global yang ada dimuka bumi. Selain pemanasan global dan polusi yang dihasilkan dalam industri, polusi juga dihasilkan dari proses pembuatan makanan bagi hewan.

Referensi

1. ^ "frequently asked question - definition". International vegetarian union ( IVU )

Pranala luar

( Indonesia ) situs web resmi IVS ( indonesia vegetarian society )

( indonesia ) daftar info dan tips diet sehat

( indonesia ) cara menurunkan berat badan dengan diet vegan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar