Rabu, 02 Desember 2015

Memperpanjang usia dengan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat bagus untuk pencernaan. Penelitian terbaru mengungkapkan hal tersebut juga dapat memperpanjang umur. Ini karena antioksidan dalam buah dan sayur mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Peneliti menemukan antioksidan dalam buah dan sayur seperti vitamin C dapat menjaga kesehatan kelenjar timus. Kelenjar yang terletak dekat jantung ini memproduksi T-cells yang berperan membantu tubuh melawan infeksi.

Pada anak-anak dan orang dewasa, kelenjar timus berukuran cukup besar. Namun seiring pertambahan usia, kelenjar ini menyusut lebih cepat dibandingkan jaringan lain dalam tubuh. Jika kelenjar ini sampai membusuk pada orang tua, maka berbagai risiko kesehatan pun muncul.

Hasil penelitian menunjukkan antioksidan dapat mencegah kelenjar timus mengerut. Studi pada sejumlah tikus memperlihatkan tikus yang diberi vitamin C dan antioksidan lain memiliki penurunan signifikan kemerosotan kelenjar timus.

Pemimpin penelitian, Dr Howard Petrie dari Scripps Research Institute di San Diego mengatakan, “Usia kelenjar timus lebih cepat menua dibanding jaringan lain dalam tubuh. Ini mengurangi kemampuan sistem imun individu yang lebih tua untuk menghadapi berbagai tantangan.”

Seperti diketahui, produksi T-cells yang dihasilkan kelenjar timus akan terus berkurang. Sebab hal ini terjadi pun belum diketahui dengan jelas. Penelitian terbaru menyoroti senyawa hidrogen peroksida dalam timus ternyata memiliki efek ‘merusak.’

Bahaya hidrogen peroksida sama seperti limbah berbahaya dari reaktor nuklir. Senyawa ini dihasilkan dari sel-sel seluruh tubuh yang mengubah makanan menjadi energi dengan bantuan oksigen.

Untuk memberhentikan efek merusak tersebut, tubuh memerlukan antioksidan. Peneliti menemukan antioksidan alami yaitu enzim bernama katalase, sangat penting untuk melindungi kelenjar timus.

“Kami menyimpulkan bahwa penyusutan kelenjar timus merupakan proses penuaan konvensional yang dipercepat oleh defisiensi katalase,” ujar para peneliti.

Karenanya konsumsi buah dan sayur yang memiliki antioksidan alami sangat diperlukan tubuh. Enzim katalase yang dihasilkan dari keduanya bermanfaat untuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar