Minggu, 23 Agustus 2015

Tong Yue Ta Ti ( 東獄大帝 )

Tong Yue Ta Ti ( 東獄大帝 )

Tong Yue Ta Ti juga disebut Thien Sun yang berarti Cucu Langit, yang mempunyai wewenang menjemput roh manusia dan menguasai panjang-pendeknya hidup manusia. Hal tersebut diasosiasikan dengan Timur yang melambangkan awal kehidupan.

Beliau juga disebut Thai Shan Fu Ciin yang menjadi Dewa Pengatur Alam Hantu, dengan memimpin 590 dewata, mengatur masalah lahir-mati dan menjadi penguasa segala setan dan hantu. Alam baka yang dipimpinnya mempunyai sistem pemerintahan dan pengadilan seperti di dunia. Karena peranannya yang berkaitan dengan nasib manusia, beliau menjadi sangat berpengaruh, bahkan kaisar-kaisar kuno sangat menghormati Beliau.

Dalam Taoisme, Tong Yue Ta Ti diyakini sebagai keturunan Pan Ku sang Pencipta Alam Semesta. Pada masa Kaisar Ming dari Dinasti Han, Beliau diangkat menjadi pemimpin Thai Shan yang dapat menentukan status sosial seseorang dan kedudukan para pejabat.

Dahulu kelenteng Tong Yue, juga disebut kelenteng Thien Chi, tersebar hampir diseluruh dataran Cina. Buddha di altar utamanya adalah Tong Yue Ta Ti yang mansyur dan cukup berpengaruh di masyarakat Cina, karena Beliau diyakini sebagai penguasa kaya-miskin dan hidup-mati manusia. Kelenteng tertuanya, Tai Miao, berada digunung Thai Shan Cina.

Kelenteng Tong Yue yang tertua adalah kelenteng Thai di Thai An, sebuah kota benteng dibawah kaki gunung Thai Shan. Kelenteng Thai ini populer dengan istilah Tai Miao, yang dibangun pada masa Dinasti Han. Komplek bangunan yang berarsitektur kuno ini terdapat 800 ruangan. Diberbagai kota dan provinsi di RRC juga tersebar kelenteng Tong Yue yang cukup terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar