Minggu, 23 Agustus 2015

SHEN NONG DA DI 神农大帝

Shen Nong Da Di 神农大帝

Dikalangan rakyat,Shen Nong ( 2600SM- 2200SM ) disebut sbg Wu GU Wang atau Raja Palawija, atau Shen Nong Da Di yg berarti Kaisar pertanian, Ia dianggap sbg Dewa pertanian, menggajar bercocok tanam padi dan palawija. patung Shen Nong Da Di ditampilkan dgn kepala bertanduk, telanjang dada,memakai pakaian dari daun-daunan dan telanjang kaki. bentuknya sangat berlainan dgn patung dewa yg umumnya dipuja. hari lahirnya pada tgl 26 bulan 4 Imlek.
Dalam legenda, Shen Nong dianggap sbg Dewa matahari yg disebut Yan Di. Ya Di dgn penuh kesabaran mengajar orang menanam padi dan palawija, sehingga rakjat tidak kelaparan, Ia dianggap penemu beberapa macam alat utk pertanian seperti cangkul, garu dan bajak, Dia juga diceritakan sbg orang pertama yg menemukan cara-cara memperoleh garam dgn menguapkan air laut.seringkali dalam dongeng Shen Nong disebut sbg berkepala kerbau, ini disebabkan karena Ia mengajar cara-cara memanfaatkan tenaga hewan membantu bercocok tanam.
Yan Di alias Shen Nong ini ternyata tidak hanya Dewa pertanian, Dia juga seorang Dewa pengobatan. Ia selalu menggunakan lidahnya dalam mengecup rumput2 obat untuk mengetahui rasa dan sifatnya yg khusus seperti beracun dan tidak, panas atau dingin. berdasarkan sifat khusus inilah Shen Nong memakai rumput obat untuk mengobati rakyatnya. suatu ketika Ia mengecup rumput beracun yg disebut daun tuan chang cao atau rumput pemutus usus, Beliau tewas karena mengorbankan dirinya untuk kemajuan ilmu pengobatan.
Klenteng Shen Nong Da Di bertebaran di Tiongkok daratan, di Taiwan juga terdapat Shen Nong Dian ( kuil Shen Nong ) di Tainan, di Indonesia klenteng untuk Shen Nong Da Di terdapat antara lain di Pekalongan dgn memakai nama Bao An Dian yg berarti " Istana Pelindung Keselamatan ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar