Minggu, 23 Agustus 2015

LEGENDA 8 DEWA

Tie Guai lie 

Dipanggil Li xuan, disebutkan sebagai seorang Taoist sejak muda, juga diceritakan dia belajar dengan Lao Zhi disuatu gunung.
Saat dia akan pergi belajar , ia menitipkan badan kasar dia kepada pesuruhnya untuk menjaganya, dan berpesan jika sampai 7 hari belum kembali, maka bisa membakar badannya.

Pesuruhnya / pelayan tsb menunggu jasad dari  Li xuan , sampai waktu itu sudah 6 hari tetapi Li Xuan belum juga kembali sedangkan pesuruh tsb dapat kabar bahwa ibunya dikampung sakit, maka segera dibakarlah badan kasar li xuan tsb.
Setiba Li Xuan kembali dari belajar,  dia tak menemukan badanya , maka dia masuk pada jasad dari seorang pengemis yang meninggal dengan kondisi pincang .
Maka sejak saat itu Li Xuan disebut dengan panggilan nama Tie Guai Lie , si pengemis dengan tongkat besinya.
 

Zhong lie Quan 

Dia lahir di dynasty Han biasa dipanggil Han Zong Lie, pada waktu lahir seperti kilatan/ sinar yang menyambar seakan api yang sedang mengamuk.
Dia lahir dengan keanehan seperti kepala botak, hidung mancung, muka dan bibir sangat merah juga ukuran tangannya tidak selazim ukuran manusia biasa, pada hari ke 7 sudah bisa melompat dan mau bermain seperti anak2 pada umumnya.
Saat dewasa dia menjadi seorang jendral yang saat itu melawan bangsa Tibet, dan dia kalah serta tersesat jalan, sampailah dia bertemu seorang Tao shi yang menunjukan tempat untuk bermalam, tiba2 dia bertemu Tie Guai Lie,  maka diajarkan tentang jalan Tao serta Tao fak, sejak itu dia mendapat pencerahan dan Siutao serta menjadi Dewa Tao.
 

Zhang Guo Lao 

Adalah Dewa yang tertua dari Delapan Dewa,  hidup dimasa dinasty Tang.
Dia digambarkan selalu naik keledai putih dengan menunggang  menghadap belakang, ia bisa berjalan ribuan  mil perhari, jika keledai tsb tak digunakan maka keledai tsb bisa dilipat dan disimpan.
Biasanya dia hanya makan sedikit dan minum arak sedikit atau pada saat tertentu bisa sekali minum bisa sampai beberapa liter.
Pada saat itu pada masa pemeritahan ratu Wu Ze Tian , dia disuruh untuk menjabat di pemeritahan, tetapi dia tak mau dan pura2 meninggal dunia, tetapi dilain waktu dia bisa muncul hidup lagi, karena selalu didesak terus maka dia tinggal di ibu kota dan menjabat sebagai pegawai pemerintahan.
Ada suatu masa pada saat pemeritahan kaisar Xuan Zong , saat itu kaisar menembak seekor keledai besar, tetapi Zhang Guo Lao mengatakan bahwa itu bukan sembarang keledai , ia telah hidup 1000 thn dan dilepaskannya.
Kaisar menyelidiki siapakah Zang Guo Lao ?  Akhirnya ada yang membuka rahasia langit tsb,  maka Zhang Guo Lao berhenti menjabat dan pergi ke gunung untuk Siu Lien, konon dikabarkan dia meninggal dunia tetapi dipeti jenazah tak terdapat jasadnya.
 

Lie tung ping 

Adalah dewa yang paling popular dari 8 dewa yang ada, dia lahir pada masa dynasti Tang, lahir di keluarga seorang pejabat pemeritah bernama Lie kang.
Keanehan muncul saat dia lahir, tempat sekitar berbau harum, ada music nyanyian turun dari langit, ibunya melihat seekor bangau putih turun dari atas ketepi tempat tidur dan menghilang.
Secara fisik Lie Tung Ping sangatlah tampan , digambarkan badan seperti macan, dagu seperti naga , mata seperti burung phoenix.
Dia sejak muda sudah pandai, selalu berpakaian pelajar atau saat lain pakai jubah kuning.
Dia juga belajar ilmu pedang dengan Dewa Naga Api di gunung Lu shan.
Diceritakan dia mengalami gagal ujian 2x dan bertemu dengan Zong Li Quan, diberi tahu tentang jalan Tao, serta pengujian dalam hal kekayaan,  kedudukan, kesehatan dan kematian , ternyata Lie Tung Ping lulus dengan gemilang, maka dianjurkan untuk Tek Tao harus banyak melakukan perbuatan baik dan jasa/ Kung Tek, sejak itu Lie Tung Ping banyak menumpas setan2 atau mahluk2 jahat, serta menolong umat manusi,  dia  Siu Tao hingga berhasil dan menjadi dewa yang sangat terkenal, bahkan sebagai central dan figure dari 8 dewa.
 

Cao Guo Jiu

Nama panggilannya Cao Yi , dia adalah adik laki2 Ratu Cao yang mana sebagai  ibu dari Kaisar Ying Zhong, pada masa dynasty Song.
Dia dipanggil Guo Jiu ( paman kaisar ).
Didalam pemerintahan yang sering tidak sesuai dengan hati nuraninya dimana kaisar sering melanggar hukum2 maka dia pergi ke gunung untuk belajar Tao.
Didalam kegundahan untuk mencari kekekalan ataupun kesempurnaan dia bertemu dengan Lie Tung Ping dan Zong Lie Quan, dia katakan bahwa dia mencari kekekalan langit, serta berprinsip bahwa dihati adalah sorga dan sorga itu adalah Tao.
Lie Tung Ping mengatakan bahwa kamu sudah mengetahui jawabannya dan kamu akan mendapatkannya, akhirnya Cao Guo Jiu belajar Tao sendiri dan menjadi Dewa.
 

Han xiang zi

Adalah sepupu dari Han Yu sebagai penulis yang sangat terkenal pada masa dynasty Tang.
Dia seorang terpelajar yang tidak lazim karena masa mudanya sudah mempunyai kekuatan2 diluar kekuatan manusia biasa, seperti dia bisa mengetahui kejadian yang akan datang, bisa ilmu-2  seperti membuat arak, membuat bunga-2  menjadi bermekaran dsbnya.
Dia belajar Tao bersama Lie Tung Ping,  serta dia selalu membantu pamannya Han Yu dipemerintahan.
Han Xiang Zi digambarkan sering membawa untaian bunga juga seruling, bahkan puisi2 dia seperti kata2 yang akan terjadi untuk dia alunkan.
 

Lan Chai He

Ini dewa yang paling muda diantara 8 dewa, entah memang sebagai anak kecil ataukah sudah dewasa masih menjadi misteri.  Kenapa ? Karena rakyat sering kali melihat dia sebagai anak2/ bocah kecil yang berpakaian lusuh, tak bersepatu bahkan hanya memakai satu sepatu jerami yang lusuh, dan dia juga selalu membawa papan hitam kecil untuk dibuat ikat pinggang , kadang dirangkai buat alat musik dia menyanyi.
Bagi dia musim panas ataupun dingin tak ada bedanya, dia akan pakai pakaian lusuhnya pada musim panas dan cukup tipis saat musim dingin, dikatakan dia berkeringat dan berhembus nafas seperti katak
Bahkan saat musim salju dia akan tidur berbaring si salju tanpa merasa kedinginan.
Kegemarannya menyanyi, minum arak dan semua orang tua ataupun anak2 senang padanya, dia menghibur rakyat dengan menyanyi meminta sedekah tetapi dia juga tak segan2 untuk selalu memberi koin2 /uang yang dia terima buat yang membutuhkan bahkan satu koinpun tak tersisa tetapi Lan Chai He tak memikirkan diri sendiri.
Dalam hidupnya tak pernah sedih walaupun dia seperti itu keadaannya , dia selalu riang, gembira, minum arak, menyanyi dan membantu orang lain.
Orang lain melihatnya kadang seperti orang dewasa dengan rambut abu2 tetapi dilain waktu muncul dengan rupa seperti anak2 muka  kemerahan yang lincah dan riang  selalu.
 

He Xian Gu

Adalah Dewi dari 8 dewa yang ada, seorang perempuan yang hebat tetapi dikatakan perangainya sedikit emosional.
Dia lahir di Zeng Cheng, Guang Zhou,  saat lahir dia mempunyai rambut mas, tetapi tak begitu jelas lahir dari orang tua siapa, dia sebatang kara, diadopsi oleh Taoist He.
Dimasa anak2 pernah dia diberi orang asing buah Peach , setelah dimakan dia tak pernah lagi merasa lapar lagi.
Karena sebatang kara dia banyak berkelana, bahkan mencari daun2 obat, dia tinggal di sekitar sungai Yun Mu.
He Xian Gu juga konon diceritakan belajar Tao dengan seorang tua yang dipercaya adalah Lao Zhi, bahkan dia bisa berjalan sangat cepat sehingga seakan melayang terbang.
Pada masa itu pemeritahan kaisar Wu Ze Tian, didinasty Tang, karena sangat tersohor ratu ingin bertemu dia untuk melihatnya, tetapi dia hanya muncul sesaat setelah itu dia pergi dengan cepat/ menghilang.
Di gunung Lou Fu dia belajar Tao, kadang dia muncul dengan awan berwarna warni disekitarnya dan menghilang, juga pernah dia nampak muncul di bangunan Xiao Shi di Guang Zhou.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar