Minggu, 23 Agustus 2015

Fu Xi (伏羲) (Fu Xi Sian Di) 

Fu Xi (伏羲) (Fu Xi Sian Di) 

adalah kaisar purba juga diangap sebagai salah satu leluhur bangsa Tionghoa. kaisar ini dipercaya mengajar rakyat bertani, berburu, dan menangkap ikan, menurut legenda beliaulah yang pertama kali menggambar Bagua, selanjutnya orang-orang mengunakan bagua untuk mencatat peristiwa-peristiwa alam.  Fu xi juga disebut sebagai dewa Bagua, selain itu Fu xi juga dikenal orang pertama yang melaksanakan sistem nama marga "She" dan seluruh menteri dan rakyatnya diharuskan menggunakan nama tersebut. ia pula yang mengajarkan untuk memuja Shenbing dan leluhur.

Fu Xi juga mengajarkan rakyat mengayam tali menjadi jala untuk menangkap ikan, penemuan fu xi yang terbesar adalah cara menggunakan api, dengan ditemukan api mengubah tata cara kehidupan liar menjadi  lebih beradab, penggunaan api kemudian dikembangakan oleh Sui Ren dengan menciptakan pemantik api  melalui mengosokkan dua batang kayu kerin.

Fu Xi lahir pada hilir-tengah Sungai Kuning di sebuah tempat bernama Chengji (mungkin yang modern Lantian, Shaanxi atau Tianshui, Gansu).

Orang Cina tradisional percaya bahwa Fuxi bisa mengambil bentuk naga. Fuxi seharusnya memiliki tubuh ular, dan naga pertama dikatakan telah menampakkan diri kepadanya di 2962 SM

Menurut legenda tanah itu tersapu oleh banjir besar dan hanya Fuxi dan adiknya Nuwa selamat. Mereka pergi ke gunung Kunlun di mana mereka berdoa kepada Kaisar Langit, untuk menghentikan bencana tersebut.
karena hal-hal tersebut diatas, Fu Xi disebut sebagai dewata pelindung pertanian, dewata pelindung peramal, hari kebesarannya diperingati pada tanggal ke 20 bulan ke 8 imlek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar