Minggu, 23 Agustus 2015

BODHISATTVA VIMALAKIRTI

BODHISATTVA VIMALAKIRTI

TERDAPAT berbagai versi terjemahan dari nama Bodhisattva Vimalakirti. Misalnya Maha pribadi yang tidak terlekati oleh kekotoran, Maha pribadi yang reputasi atau nama baiknya tidak terkotori. Atau Sang Vima.

Beliau adalah Pribadi Utama yang diceritakan dalam kitab suci agama Buddha yang dinamai Vimalakirti Nirdesa Sutra. Beliau juga merupakan seorang Maha Upasaka yang sangat penting di dalam agama Buddha Mahayana.

Di zaman hidupnya Hyang Buddha Sakyamuni, Vimalakirti adalah pen duduk kota Vaisali. Dengan berdasarkan kebajikan tingkat tinggi yang telah mengakar pada kepriba dian atau wataknya, beliau telah mempersembahkan Sesaji Suci kepada para Buddha. Sehingga beliau telah memperoleh kesabar an yang luar biasa, walau perbuatannya nampak lama belum menghasilkan sesuatu. Namun beliau tetap sabar dan tetap menerus kan kegiatan di dalam mengamalkan clan menyebar-luaskan Dharma.

Vimalakirti memiliki penge tahuan Dharma yang sangat mendalam, terutama meng enai Pintu Dharma. Dan setelah sempurna mampu mendidik diri dalam praktek ke-Enam Paramita, beliau mampu meneyeberangkan makhluk-makhluk -hidup dengan terampil dan dengan methode yang menyenang kan.

Sebagai seorang Maha Upasaka, beliau mempunyai istri clan erat dengan sanak saudara. Tetapi is tetap membina- diri di dalam tingkah laku ke-Pendeta-an, yang memisahkannya de ngan kesenangan kedunia wian. Sambil berkelana di jalan-jalan, beliau selalu berbuat kebaikan dan mem beri kemanfaatan pada makhluk-makhluk hidup. Arya Vimalakirti bahkan pernah pula pergi ke rumah rumah tempat para tuna susila, untuk mengingatkan orang-orang agar tidak melakukan hal-hal yang tidak benar. Agar mereka mau menjauhi dan mening galkan kehidupan yang salah, jangan berkebiasaan melampiaskan hawa-nafsu nya yang rendah.

Sesungguhnyalah beliau merupakan seorang Bodhi sattva yang dapat membim bing kehidupan orang awam, dan selalu menyebar-luas kan Buddha Dharma dengan sarana-sarana yang sifatnya sementara untuk diting galkan, apabila orang yang mempergunakan sarana itu telah dapat tiba di Pantai Nir vana.

Sebagai seorang Maha Upasaka yang membimbing kehidupan orang-orang awam, Arya Vimalakirti telah mendidik diri sendiri dengan sangat sempurna, clan telah mencapai keadaan di mana tingkatannya bahkan dikata kan lebih tinggi dari ting katan Arhat ataupun ting katan Bodhisattva. Itu nam paknya berkeadaan abnor mal.

Menurut legenda, beliau sesungguhnya merupakan manifestasi atau inkarnasi, atau menjadi perbadan nya Hyang Tathagata Butir Emas. Sebelum muncul di kota Vaisali, beliau hidup di Tanah Suci atau Surga atau Tanah Buddha, yang bersua sanakan kegembiraan yang mentakjubkan, yang dipe rintah oleh Hyang

Buddha Aksobhya. Beliau sendiri berinkarnasi atau memanifestasikan diri sebagai orang biasa di dunia, agar dapat menyeberangkan berbagai makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar