Kamis, 11 Desember 2014

Kelahiran kembali

Teori agama buddha mengenai kelahiran kembali atau tumimbal lahir ( punabbhava ) bersumber dari penerangan sempurna yang dicapai oleh buddha dan bukan dari kepercayaan tradisional india. Sebagaimana yang tercatat dalam kitab suci agama buddha. Pada malam pertama tercapainya penerangan sempurna buddha memperoleh kemampuan untuk mengetahui kehidupan kehidupan nya yang lampau. Kala itu ketika pikirannya tenang, bersih, suci, dan tanpa cacat, mantap dan tak goyah, beliau memperoleh kemampuan menggingat kembali kehidupan kehidupannya yang terdahulu.

Dengan menggunakan kemampuan mata batinnya ( dibacakku ), buddha dapat melihat kelangsungan hidup dari makhluk hidup dalam berbagai keadaan kehidupan, setiap keadaan sesuai dengan karma atau perbuatannya.

Menarik untuk diperhatikan bahwa penelitian terbaru dalam bidang psikologi telah mengakui apa yang disebut supernormal. Minat terhadap masalah yang melebihi jangkauan indera ( persepsi ektrasensori ).

Kasus kasus mengenai anak  anak yang dapat mengingat kehidupan yang lampau mendapat sorotan bukan hanya dinegara asia seperti nyanmar, india, sri langka dsn negara negara timur lainnya. Melainkan negara negara barat, Dr.Ian Stevenson, M.D dari universitas virginia USA telah menerbitkan hasil hasil dari penyelidikan dan penelitian dalam beberapa buku, dua diantaranya berjudul : Twenty Cases Suggestive of Reincarnation dan Cases of Reincarnation Type.

Perhatikan juga dua buku lainnya : Reincarnation -An East - West Anthology dan Reincarnation In Word Thought - A Living Study of Reincarnation in all ages, tulisan tulisan pilihan dari karangan berbagai agama dunia, filsafar, ilmu pengetahuan serta pemikir besar dimasa lampau dan sekarang, disusun dan disunting oleh Joseph Head dan S.L. Cranston Julian Press Inc, New York, 1961 dan 1967.

Para ahli filsafat yunani kuno seperti empedocles dan pythagoras juga mengajarkan ajaran mengenai kelahiran kembali.

Belakang ini penemuan dalam bidang psikologi telah membuktikan bagaimana dibawah pengaruh hipnotis, seseorang kembali kemasa kanak kanak yang telah dialami sebelumnya, dan menyadari lagi pengalaman yang telah lama terkubur dibawah sadarnya. Ingatan tentang masa kecil, dan dalam beberapa kasus ingatan sebelum kelahiran, telah terbawa keluar dengan cara ini. Beberapa orang mengingat kembali saat saat paling awal masa kanak kanaknya dan dalam beberapa kasus mengingat kembali kehidupan lampau. Kenyataan kenyataan ini telah dibuktikan.

Agama buddha menunjukkan bahwa seseorang dapat dilahirkan kembali dialam halus sesuai dengan karma perbuatan orang itu. Lalu seberapa jauh kepercayaan tentang adanya arwah orang yang sudah meninggal benar ? Apakah ini merupakan kenyataan yang dapat dibuktikan ? Sebagian orang bertanya bagaimana kita tahu bahwa ada kehidupan setelah kematian ? Siapakah orang yang telah bangkit dari kematian lalu memberitahu kita seperti apa dunia yang selanjutnya ? Orang orang seperti itu tidak menyadari tentang adanya penelitian ilmiah yang dilakukan dan bukti yang diperoleh organisasi organisasi seperti London Psychical Research Society yang didirikan pada tahun 1882 oleh kelompok lulusan Cambridge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar