Kamavacara citta 54 : 54 macam kesadaran / pikiran yang berkelana di kama-bhumi atau kama-loka.
A. Akusala citta 12 : 12 macam kesadaran / pikiran yang tidak baik atau jahat.
Lobhamula citta 8 : 8 macam akar loba.
1. Somanassasahagatam ditthigatasampayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai kesenangan, bersekutu dengan pandangan salah ).
2. Somanassasahagatam ditthigatasampayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai kesenangan, bersekutu dengan pandangan salah ).
3. Somanassasahagatam ditthigatavippayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai kesenangan, tidak bersekutu dengan pandangan salah ).
4. Somanassasahagatam ditthigatavippayuttam sasankharikam.
( kesdaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai kesenangan, tidak bersekutu dengan pandangan salah ).
5. Upekkhasahagatam ditthigatasampayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai masa bodoh, bersekutu dengan pandangan salah ).
6. Upekkhasahagatam ditthigatasampayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai masa bodoh, bersekutu dengan pandangan salah ).
7. Upekkhasahagatam ditthigatavippayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai masa bodoh, tidak bersekutu dengan pandangan salah ).
8. Upekkhasahagatam ditthigatavippayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai masa bodoh, tidak bersekutu dengan pandangan salah ).
Dosamula citta 2 : 2 macam akar kebencian.
9. Domanassasahagatam patighasampayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai ketidaksenangan, bersekutu dengan dendam ).
10. Domanassasahagatam patighasampayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai ketidaksenangan, bersekutu dengan dendam ).
Mohamula citta 2 : 2 macam akar kebodohan.
11. Upekkhasahagatam vicikicchasampayuttam.
( kesadaran / pikiran yang timbul disertai masa bodoh, bersekutu dengan keraguan ).
12. Upekkhasahagatam uddhaccasampayuttam.
( kesadaran / pikiran yang timbul disertai masa bodoh, bersekutu dengan kegelisahan ).
B. Ahetuka citta 18 : 18 macam kesadaran / pikiran yang tidak bersekutu dengan sebab ( hetu ), karena kesadaran ini merupakan hasil dari perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan masa lampau.
Akusalavipaka citta 7 : 7 macam kesadaran / pikiran yang menjadi hasil / akibat dari akusala karma, yaitu hasil / akibat yang tidak baik / jahat.
1. Upekkhasahagatam cakkhuvinnanam.
( kesadaran amat timbul disertai masa bodoh ).
2. Upekkhasahagatam sotavinnanam.
( kesadaran telinga timbul disertai masa bodoh ).
3. Upekkhasahagatam ghanavinnanam.
( kesadaran hidung timbul disertai masa bodoh ).
4. Upekkhasahagatam jivhavinnanan.
( kesadaran lidah timbul disertai masa bodoh ).
5. Dukkhasahagatam kayavinnanam.
( kesadaran jasmani timbul disertai menyakiti ).
6. Upekkhasahagatam sampaticchanacittam.
( kesadaran menerima obyek disertai masa bodoh ).
7. Upekkhasahagatam santiranacittam.
( kesadaran menerima obyek disertai masa bodoh ).
Ahetuka kusalavipaka citta 8 : 8 macam kesadaran / pikiran yang menjadi hasil / akibat dari kusala karma yang bertenaga lemah, yaitu menimbulkan ketidaksempurnaan.
8. Upekkhasahagatam cakkhuvinnanam.
( kesadaran mata timbul disertai masa bodoh ).
9. Upekkhasahagatam sotavinnanam.
( kesadaran telinga timbul disertai masa bodoh ).
10. Upekkhasahagatam ghanavinnanam.
( kesadaran hidung timbul disertai masa bodoh ).
11. Upekkhasahagatam jivhavinnanam.
( kesadaran lidah timbul disertai masa bodoh ).
12. Sukhasahagatam kayavinnanam.
( kesadaran jasmani timbul disertai masa bodoh ).
13. Upekkhasahagatam sampaticchanacittam.
( kesadaran menerima obyek disertai masa bodoh ).
14. Upekkhasahagatam santiranacittam.
( kesadaran menerima obyek disertai masa bodoh ).
15. Somanassasahagatam santiranacitta.
( kesadaran memeriksa obyek timbul disertai kesenangan ).
Ahetuka kiriya citta 3 : 3 macam kesadaran / pikiran yang tidak berakibat dan tidak bersekutu dengan sebab / hetu.
16. Upekkhasahagatam pancadvaravajjanacitam.
( kesadaran yang menyelidiki obyek dari lima pintu disertai masa bodoh ).
17. Upekkhasahagatam manodvaravajjanacitam.
( kesadaran yang menyelidiki obyek dari landasan hati sanubari disertai masa bodoh ).
18. Somanassasahagatam hasituppadacittam.
( kesadaran yang menimbulkan senyum dari seorang arahat disertai kesenangan ).
C. Kamavacarasobhana citta 24 : 24 macam kesadaran / pikiran yang baik yang berkelana di kama bhumi.
Mahakusala citta 8 : 8 macam kesadaran / pikiran yang maha baik.
1. Somanassasahagatam nanasampayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai kesenangan, bersekutu dengan pengetahuan ).
2. Somanassasahagatam nanasampayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai kesenangan, bersekutu dengan pengetahuan ).
3. Somanassasahagatam nanavippayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai kesenangan, tidak bersekutu dengan pengetahuan ).
4. Somanassasahagatam nanavippayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai kesenangan, tidak bersekutu dengan pengetahuan ).
5. Upekkhasahagatam nanasampayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai masa bodoh, bersekutu dengan pemgetahuan ).
6. Upekkhasahagatam nanasampayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai masa bodoh, bersekutu dengan pengetahuan ).
7. Upekkhasahagatam nanavippayuttam asankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan tanpa ajakan, disertai masa bodoh, tidak bersekutu dengan pengetahuan ).
8. Upekkhasahagatam nanavippayuttam sasankharikam.
( kesadaran / pikiran yang timbul dengan ajakan, disertai masa bodoh, tidak bersekutu dengan pengetahuan ).
√ mahavipaka citta 8 : 8 macam kesadaran / pikiran yang menjadi hasil / akibat dari mahakusala citta 8.
9 sampai dengan 16 sama dengan mahakusala citta 8 diatas.
√ mahakiriya citta 8 : 8 macam kesadaran / pikiran yang bukan kusala, akusala dan vipaka, hanya bertugas menerima obyek melalui dvara 6 atau enam pintu.
17 sampai dengan 24 sama dengan makakusala citta 8 diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar